Creative Sharing “Heritage in Creative Harmony” International Islamic University Malaysia dan FSRD ISI Surakarta

Mahasiswa Program Studi Desain Interior FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta kali ini berkesempatan mendapat kunjungan mahasiswa dari International Islamic University Malaysia (IIUM). Kunjungan  tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dalam bidang heritage sebagai bagian dari proses pembelajaran di bidang seni terapan, khususnya Program Studi Desain Interior. Tamu yang datang berjumlah 60 orang, terdiri atas 58 orang mahasiswa Malaysia  dan 2 dosen pembimbing, termasuk 6 mahasiswa asing. Kegiatan ini menjadi rintisan awal kerjasama institusi pendidikan IIUM dan ISI Surakarta di bidang Seni Terapan (Desain Interior) dalam implementasi tridarma perguruan tinggi (proses belajar mengajar, riset, penelitian dan pengabdian masyarakat) kedepannya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Agustus 2017 bertempat di Gedung Sungging Prabangkara Kampus II Institut Seni Indonesia Surakarta mulai pukul 08.00 WIB, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

  1. Tamu rombongan disambut di Galeri Kampus II ISI Surakarta untuk melihat karya Tugas Akhir mahasiswa FSRD, kemudian dilanjutkan ke Jurusan Seni Murni dan Jurusan Kriya Seni untuk melihat hasil karya dari masing-masing jurusan tersebut.
  2. Creative Sharing dengan tema “Heritage in Creative Harmony” di Gedung Sungging Prabangkara, acara akan diawali dengan sajian Tari Bambangan, sebagai materi utama mahasiswa Program Studi Desain Interior akan mempresentasikan karya mahasiswa semester IV tentang Desain Commersial Public Space dan Desain Mebel dengan konsep kearifan lokal, selain itu dari civitas kampus IIUM juga akan menampilkan karya mereka. Penutupan acara oleh Rektor ISI Surakarta, Prof. Dr Sri Rochana W, S.Kar., M.Hum.
  3. Rombongan IIUM akan berkunjung ke lokasi bersejarah di kota, diantaranya Masjid Al Wustha’ Pura Mangkunegaran di Kecamatan Banjarsari dan sekaligus melihat Arsitektur Heritage karya Herman Thomas Karsten di kota Surakarta.

4. Kegiatan ekskursi ke Kampung Batik Laweyan untuk belajar bersama dengan Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan  (FPKBL) di kediaman ketua FPKBL Ir. Alfa Febela S. Rombongan akan belajar seputar proses pembuatan batik dari sejarah batik hingga pembuatan batik Al- Qur’an. ( news by Basnendar HP)