ISI Surakarta Goes To Pameran RITECH EXPO 2017

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, disingkat HAKTEKNAS merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995.  Tahun 2017 ini merupakan peringatan Hakteknas yang ke -22. Salah satu rangkaian kegiatan Hakteknas adalah Pameran RITECH EXPO 2017 yang diselenggarakan di Gedung dan Area Parkir WISMA NEGARA Center Point of Indonesia, Makasar pada tanggal 10-13 Agustus 2017. Peserta pameran meliputi: Delegasi Perguruan Tinggi (Universitas, Institut, Politeknik)  seluruh Indonesia, LPPM Perguruan Tinggi, Pusat Unggulan IPTEK Perguruan Tinggi, BUMN/Industri, Badan Litbang Kementerian/Lembaga, Badan Litbang Daerah, Asosiasi dan Komunitas.

Untuk kedua kalinya Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dipercaya terlibat dalam RITECH EXPO, kali ini menampilkan hasil karya seni kreatif dan inovatif mahasiswa dan dosen yang berasal dari seluruh program studi di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Hasil karya inovatif tersebut meliputi: keris, badik, pisau, peracangan interior publik, film dokumenter pembuatan keris, lukisan, dan grafis. Secara khusus keris yang dipamerkan kali ini menggunakan material logam hasil eksplorasi pasir besi di daerah Luwu, Sulawesi Selatan.

Pameran ini juga mengikutsertakan karya mahasiswa dan dosen dari Program Studi Televisi dan Film serta Desain Interior, Program Pendidikan di luar Domisili (PDD) ISI Surakarta Embrio Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan. Karya-karya yang ditampilkan meliputi: furniture hasil eksplorasi material, asesoris interior, eksplorasi material interior daur ulang, fotografi, dan poster film. Beberapa karya telah mendapat sertifikat HaKI antara lain: karya batik motif mainan anak gangsingan, wood wall cover motif Madura, karya desain mosaik figur wayang beber, karya aplikasi digital pamor keris.

Melalui RITECH EXPO ini, karya-karya mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain maupun PDD ISI Surakarta Embrio ISBI Sulawesi Selatan diharapkan dapat menjadi wahana mengkomunikasikan produk atau karya inovatif hasil studi, hasil penelitian, hasil penciptaan seni kepada masyarakat luas. Lebih lanjut diharapkan mampu menggugah semangat kreativitas dan inovasi bagi mahasiswa dan dosen sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat (news : Indarto)