Event “Sumpah Pemuda Anti Hoax” sebagai Media Alternatif Kampanye Anti Hoax utk Generasi Muda Melalui Aksi Pameran Ilustrasi Doodle Art Karya Mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta.

Foto bersama antara dosen dan mahasiswa dalam aksi Sumpah Pemuda Anti Hoax. Surakarta, 29/10/2017

Event sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober sekaligus sebagai media kampanye anti hoax akan dikemas melalui event kreatif dan unik.

Event yang digelar atas kerjasama Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta, MAHS (Masyarakat Anti Hoax Solo Raya), dan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) ini bertujuan sebagai generasi muda untuk selalu peduli dan waspada akan penyebaran hoax yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat ini akan diselenggarakan di Area CFD Slamet Riyadi Surakarta (sekitar lokasi depan kantor BRI Slamet Riyadi), hari Minggu, 29 Oktober 2017 mulai 06.00 – 09.00 wib.
Aksi turun ke CFD, akan menampilkan karya Doodle Art dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta (Angkatan 2016) yang bertema seputar nasionalisme, semangat persatuan dan kesatuan, Bhinneka Tunggal Ika, pemuda anti korupsi, serta kampanye anti hoax yang dicetak ukuran besar dan dipajang di media triplek (uk. 124 X 244 cm) sebanyak 9 karya, dimana karya doodle ini sebagai bagian dari tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan di semester III.

Tujuan kampanye ini agar khususnya generasi muda dapat menjadi insan muda yang kreatif, sekaligus menjadi solusi dan menjadi bagian dari kampanye anti hoax.

Basnendar H selaku Kaprodi DKV ikut berpartisipasi dengan ikut aksi dengan cat semprot sebagai dukung aksi Sumpah Pemuda Anti Hoax.

Selain itu masyarakat pengunjung CFD bisa berinteraksi dengan ikut menggambar dengan cat semprot melalui media stencil atau menulis pesan sebagai simbolis dalam turut mendukung aksi Sumpah Pemuda Anti Hoax tersebut.

Selain itu, komunitas MAHS juga akan membagikan sticker dan leaflet seputar info anti hoax kepada pengunjung CFD.


Sumber: Basnendar H.

edit by nazent