FSRD Gelar “Solo International Visual Art (SIVA) #1

Untuk pertama kalinya FSRD merintis kegiatan pameran internasional bertajuk “Solo International Visual Art (SIVA) #1 pada tanggal 23 – 31 Oktober 2017 bertempat di Galeri Seni FSRD Kampus 2 di Mojosongo . Sejauh ini, kegiatan internasional sudah mewarnai FSRD ISI Surakarta. Sudah banyak mahasiswa asing yang telah menempuh studi di Fakultas Seni Rupa dan Desain baik short corce maupun reguler (full time). Berbagai pameran seni dan pemutaran film juga sudah dilakukan oleh mahasiswa – dosen FSRD di berbagai negara, baik Malaysia, Singapura, Kamboja, Korea Selatan, dan Australia. Saatnya kini, ISI Surakarta mulai memposisikan diri sebagai ‘episentrum’ aktivitas berkesenian di kawasan Asia Tenggara, dan melalui pameran SIVA ini hal itu dicanangkan oleh ISI Surakarta.

Kolaborasi Paper Fashion Show dan Yasudah

Pameran mengangkat tema Messages On Paper ini diikuti oleh seniman dari berbagai negara seperti  Afghanistan (Amin Taasha, Mumtaz Khan Cho Pan, Nesar Ahmad), Canada (Johanes Djenar), German (Susana Miranti Kröber), Ukraine (Olena Oblomska), Estonia (lii Suuk), Malaysia (Saharuddin Supar, Diana Ibrahim, Ahmad Zuraimi, Rosli Zakaria, Syida Zaenal).

Selain  diikuti oleh seniman-seniman terkemuka di tanah air, seperti M. Dwi Marianto, Ivan Sagito, Nasirun, Putu Wirantawan, Adi Dewantara, Made Budhiane, Masdibyo, Asri Nugroho, Romo Muji Sutrisno, Michelle Wong, Ipong Purnomosidi, Syahrizal Pahlevi, Tatty Mirwa, M. “ucup”Yusup   I Made Arya Palguno, Sita Laksmi Sitaresmi, Putusutawijaya, Pande Ketut Taman, Bonyong Muniardi Sayid, I Gusti Nengah Nurata, Rudi Aceh Darmawan, Angki Purbandono, Wimo Ambalang Bayang, Theresia Agustina Sitompul, Alexander Nawangseto, M., Deni Rahman, Labadiopiko, SE Dewantara, Agus Siswanto, Harri Sudjarwanto, Kawit Tristanto, Tay Liang/Kristanto, Wahyudi, Hasan, Anton Afganial, Andika, Asmoro Nurhadi Panindias, Basnendar HP, Johan Ieswahyudi, Ari Wuryanto, Usman Supardi, Jauhari, Amir Gozali, Effy Indratmo, Chefriyan Wendy Nendyanto, dan Feri Widiyanto.

Dalam sambutan pembukaan Pameran SIVA, Rektor ISI Surakarta, Dr. Guntur, M.Hum mengapresiasi pameran ini sebagai kegiatan unggulan Prodi S1 Seni Rupa Murni, dan diharapkan setiap prodi memiliki kegiatan unggulan sejenis. Menurutnya nama pameran SIVA terkait dengan filosofi Hindu dimana dewa Siva berkait dengan simbol kreasi, dan pameran ini sarat dengan kreativitas. Sambutan dari unsur peserta pameran, diwakili oleh Prof. (Romo) Mudji Sutrisno yang ikut serta dalam pameran internasional  yang diikuti oleh 53 seniman tersebut.

Penampilan musik Yasudah

Liputan beberapa media tentang kegiatan SIVA#1 2017