PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PKM (PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA) FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN (FSRD) ISI SURAKARTA 2018

PKM merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana,yaitu PKM.

Saat ini ada 6 jenis program yang ditawarkan, yaitu :

  1. PKM penelitian (PKM-P)
  2. PKM Kewirausahaan (PKM-K)
  3. PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
  4. PKM Penerapan Teknologi (PKM-T)
  5. PKM Penulisan Ilmiah (PKM-I)
  6. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Untuk mendukung program kegiatan tersebut, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta mengadakan kegiatan “PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PKM (PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA” yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu Kamis – Jumat, 11- 12 Oktober 2018 bertempat di Gd. Serbaguna Rd. Sungging Prabangkara FSRD ISI Surakarta, dengan dihadiri sekitar 130 orang terdiri dari mahasiswa dan dosen pendamping dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu:

  1. Aprilia Fimonasari, SS, DEA (UGM)
  2. Eko Sri Haryanto, S.Sn., M.Sn (ISI Solo)
  3. Basnendar Herry P. S.Sn., M.Ds (ISI Solo)

 

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FSRD, Joko Budiwiyanto, S.Sn., MA.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa mahasiswa yang lolos PKM untuk mendapatkan gelar Sarjana, tidak perlu membuat skripsi lagi. Karena dengan lolos PKM,  mahasiswa tersebut sudah melakukan penelitian ilmiah.Dengan adanya kegitan ini diharapkan mahasiswa FSRD ISI Surakarta dalam lolos dan bisa melaju ke tingkat PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional).

 

Salah satu narasumber Aprilia Fimonasari , SS., DEA (UGM) sedang memberikan materi kepada peserta