Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Gelar HAJATAN #2

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menggelar HAJATAN#2 (Hari Pajang Tugas Akhir Semesteran) dengan materi Branding Desa Wisata, Tipografi Nusantara, dan Boardgame. HAJATAN#2 merupakan pameran karya tugas akhir semesteran, yang merupakan hasil karya mahasiswan Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Angkatan 2017.

Dunia seni rupa dan desain, tidak lepas dari aktivitas pameran, yang merupakan bagian dalam berproses dan belajar itu sendiri. Semangat ini yang terus dibawa oleh “Dksixkasik” (sebutan untuk mahasiswa DKV ISI Surakarta angkatan 2017) untuk terus mengadakan pameran dengan nama “HAJATAN”. Tahun lalu DKV ISI Surakarta mengadakan pameran dengan nama yang sama. Pameran tersebut sukses dengan merubah gedung setengah jadi yang masih dibangun oleh kampus, untuk menjadi ruang pameran unik. Kegiatan tahun lalu, juga mengadakan workshop untuk umum dan berkesenian melalui musik dan video motion.

Pameran Hajatan ini akan dilaksanakan pada Kamis – Jumat, 24-25 Januari 2019 di Gedung Serbaguna Balai Ekspresi “Raden Sungging Prabangkara” , Kampus II ISI Surakarta, Mojosongo. Pameran tersebut dibuka oleh Bapak Moch. Sofwan Zarkasi, M.Sn. selaku Wakil Dekan I FSRD ISI Surakarta, pada pukul 09.00 WIB, oleh Moch. Zarkasi, dan selaku Wakil Dekan I FSRD ISI Surakarta.

Event HAJATAN kali ini, Dksixkasik ingin membuat konten yang berbeda dari sebelumnya. Pameran yang diikuti oleh 50 (lima puluh) mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta angkatan 2017, menampilkan 70 (tujuh puluh) karya. Karya yang ditampilkan mengangkat tema lokal kontent nusantara lewat karya desain berupa Branding Desa Wisata (enam kota berbeda), Tipografi Nusantara, dan Boardgame Indonesia, dimana karya ini sebagai tugas mata kuliah di semester III, yaitu : Desain Piktogram dan Identitas Korporasi, Tipografi Nusantara, dan Ilustrasi Terapan.

Pameran karya tugas akhir MK Desain Piktogram dan Identitas Korporat adalah branding 11 (sebelas) desa wisata yang disesuaikan dengan keunikan dan potensi yang dimiliki desa tersebut. Desa wisata tersebut berlokasi di 6 (enam) Kabupaten di wilayah Solo Raya. Ke-11 desa wisata tersebut adalah:

  1. Desa Selo dan Tumang di Kabupaten Boyolali,
  2. Desa Pogog dan Girimulyo di Kabupaten Wonogiri,
  3. Desa Cokro dan Ponggok di Kabupaten Klaten,
  4. Desa Kliwonan dan Pilang di Kabupaten Sragen,
  5. Desa Pancot dan Girilayu di Kabupaten Karanganyar, dan
  6. Desa Wirun di Sukoharjo.

Tugas akhir Mata kuliah Ilustrasi Terapan akan menampilkan 20 (dua puluh) prototipe desain boardgame yang mengetengahkan tema kearifan lokal nusantara. Tema kearifan lokal nusantara tersebut seperti boardgame aksara Jawa, Tarung Demit, Senjata Tradisional, Cerita Rakyat, Bahari Nusantara, dan Wayang Purwa.Sedangkan tugas akhir Mata kuliah Tipografi Nusantara akan menampilkan 50 (lima puluh) jenis font karya mahasiswa, berupa font bertema vernakular, ekspresi, dan fotografi.

Even HAJATAN#2 ini juga berisi tentang Workshop yang di pandu oleh Hompimpa Boardgame dengan topik seputar proses perancangan dan mengupas boardgame karya dari mahasiswa serta acara pendukung berupa hiburan musik ambient hits tahun 2000an oleh Stafa 2000. Kegiatan pameran tugas akhir mata kuliah akan menjadi wadah berkarya lewat perancangan yang akan merespon dan menjadi solusi melalui bidang ilmu desain komunikasi visual, serta mengangkat potensi lokal nusantara, khususnya wilayah Solo Raya dan sekitarnya.