Pameran “Ujar-Ajar” DKV ACT#5 Tahun 2019, ajak Desainer Siberia dan Malaysia

DKV ACT#5 Tahun 2019 merupakan kegiatan rutin yang diselenggaran Prodi DKV ISI Surakarta. Pameran DKV ACT#5 Tahun 2019 berbeda dari pameran sebelumnya. Tahun ini DKV ACT#5 menggajak Desainer luar dari Siberia dan Malaysia.

Tema pameran DKV ACT#5 yang setiap tahunnya menggangkat isu sosial kemasyarakatan, tahun ini mengusung tema “Ujar-Ajar”. Tema ini terinspirasi akan minimnya membudayakan kata-kata untuk mempertegas dan menghargai komunikasi yang tumbuh berkembang di masyarakat kita

UJAR adalah kata lain dari ucap atau ucapan yang berarti mengungkapkan kata atau kalimat yang berisi suatu pesan. AJAR adalah penggalan dari kata BELAJAR yang berarti mencari sesuatu yang baru dan ilmu yang bermanfaat.

Tema “Ujar-Ajar” ditransformasikan ke dalam beragam bentuk, teknik dan medium yang tertuang dalam desain komunikasi visual yang mengandung informasi unik, menarik, persuasif dan informatif untuk dilihat dan dinikmati. Pameran ini dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu, 26-27 April 2019 di Graha Solo Raya, Slamet Riyadi.

Pameran ini memamerkan 72 (tujuh puluh dua) karya yang terdiri dari karya mahasiswa DKV ISI Surakarta, komunitas Surakarya, Akamsi, dan Circus, serta desainer tamu dari luar negeri. Desainer luar negeri yang digandeng DKV ACT#5 ialah Anna Maksimovic (Siberia) dan Seni Reka Grafik, Fakulti Seni Lukis dan Seni Reka, UiTM (Universiti Teknologi MARA), Puncak Alam, Malaysia (sejumlah 6 karya) akan mewarnai gelaran kreatif ini.

Karya dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta sendiri berupa karya tematik seputar isu sosial berupa Tipografi, Poster, Ilustrasi, dan Videografi, Boardgame, Branding, dan Wayang Beber, dan Fotografi. Menariknya ada sebuah karya berupa desain Tipografi dengan tema typeface Pamit. Karya ini menyampaikan pesan betapa pentingnya berpameran dalam bentuk sebuah cerpen, typeface Buah Berucap, dimana para pedagang buah seringkali mengucapkan hal yang persuasif ke dalam karya berupa Handlettering dan typeface lainnya.

Karya menarik lainnya ialah Audiovisual berupa Motion Graphic, Animasi, dan Iklan yang akan mengangkat sejarah perjalanan bahasa Indonesia, serta karya Ilustrasi yang berupa visualisasi tentang bagaimana berterima kasih dengan orang lain.

Selain pameran karya seni, ada kegiatan pendukung lainnya seperti bazzar produk kreatif dan kuliner, sesi bedah karya beragam acara pendukung berupa perform musik, musikalisasi puisi, dan pertunjukan tari dari beragam grup musik dan komunitas seni lainnya dan creativ sharing. Creative Sharing dengan tema “Mempertahankan Idealisme Pelaku Kreatif di Era Digital” menghadirkan narasumber dari praktisi desain yaitu : Isa Panic dan Masaik.

Kegiatan ini juga sebagai media promosi dan publikasi kompetensi Prodi DKV FSRD ISI Surakarta kepada stakeholder, serta unjuk kemampuan potensi bidang ilmu desain komunikasi visual sebagai media solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.