Screening Webseries 2.0 Karya Tugas Kuliah Mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta

DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan kegiatan Penayangan dan diskusi webseries karya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, sebagai penutup rangkaian perkuliahan Desain Periklanan Televisi semester VI.

Acara ini adalah kali ke-dua diselenggarakan pada Sabtu, 20 Juli 2019, bertempat di teras gedung 5 kampus 2 ISI Surakarta, berikutnya kegiatan ini akan rutin digelar setiap tahun dengan karya-karya variatif dan original dalam setiap penyelenggaraannya, dimana tahun ini sebagai event yang ke 2 (dua). Mahasiswa dibimbing untuk merancang karya iklan televisi dengan konten komersial yang divisualkan dalam bentuk webseries.

Sebagai tugas mata kuliah desain periklanan televisi, mahasiswa diarahkan untuk mengangkat produk lokal kota surakarta sebagai objek garapan untuk dianalisis Dalam upaya strategi Komunikasi persuasif, nantinya produk diposisikan sebagai kameo, namun pesan pesan yang disampaikan adalah value dan benefit dari produk Yang diterjemahkan dalam dialog, setting, dan interaksi pemain.

Gelaran screening ini menampilkan belasan karya webseries Yang Diunggah pada saluran YouTube, yang mudah diakses khalayak. Seperti halnya metode pengumpulan tugas perkuliahan Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, lebih dari 50% penugasan sudah menerapkan paperless, dengan memanfaatkan fasilitas e-learning, dan pengumpulan tugas diunggah melalui Instagram (karya poster, ilustrasi), maupun youtube untuk karya animasi, video dan webseries.

Dalam pemilihan produk sebagai objek garapan, mahasiswa dibebaskan dengan batasan produk lokal Surakarta, baik berupa produk maupun jasa. Mahasiswa dibimbing untuk menangkap value dari produk kemudian disarikan dalam bentuk pesan. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat saling belajar, tukan pengetahuan, teknik serta srategi kreatif dalam perancangan web series.

Selain itu juga screening tersebut berkolaborasi dengan mahasiswa semester IV (empat) peserta mata kuliah Animasi Dasar sebagai peninjau, tujuannya untuk memberikan gambaran perkuliahan yang akan dihadapi dalam semester kedepannya.

Melalui matakuliah Desain Periklanan Televisi ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai potensi dan prospek bidang ilmu desain komunikasi visual kepada masyarakat luas, serta Sebagai kontribusi positif bagi pelaku ekonomi umkm Surakarta, dalam hal kampanye media digital.

Check Also

2 Tim PKM ISI Surakarta lolos KBMI Tahun 2019

Indahny berbagi ...Facebook0Twitteremail Setelah dua tim PKM lolos didanai KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) Tahun …