Program Studi Desain Mode Batik dan Program Studi Kriya FSRD ISI Surakarta Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Judul “Peningkatan Kompetensi Siswa SMK N 1 Karanganyar Melalui Transfer Knowledge: Marketing Strategy Sebagai Upaya Menjawab Tantangan Global”.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2023 dan dibuka oleh penanggungjawab Program Studi Tata Busana SMK N 1 Karanganyar. Program yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 ini memberikan tambahan pengetahuan pada siswa SMK N 1 Karanganyar khususnya siswa jurusan Tata Busana, dengan konten materi antara lain mencakup Marketing in Digital Era, Budaya Konsumen, dan Fashion sebagai Komunikasi Identitas Sosial.

Pokok utama bahasan workshop ini adalah memperkenalkan dasar pemasaran bagi para siswa untuk dapat membantu dalam mencapai salah satu tujuan pembelajaran yakni kewirausahaan. Materi Marketing in Digital Era dikemas dalam 2 pertemuan, yaitu pada hari pertama Workshop yang membahas dasar-dasar strategi marketing dan hari kedua yang membahas mengenai content writing dan copywriting. Sedangkan materi lain yang disampaikan yaitu Budaya Konsumen membahas mengenai perilaku konsumen dan studi pasar, dan materi terakhir yaitu Fashion sebagai Komunikasi Identitas Sosial berisi mengenai trend fashion dari segi artistik.

Pada hari terakhir, siswa diminta untuk mendesain suatu busana dengan filosofi yang mereka tangkap dari lingkungan sekitar, dapat berupa fenomena lingkungan, calon konsumen, alam, dan lain sebagainya, kemudian dari hasil desain tersebut siswa diminta membuat sebuah copywriting sesuai dengan media yang dipilih. Dengan begitu, latihan ini membantu penyerapan materi workshop yang dilakukan selama 2 hari lebih maksimal.

Rangkaian kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih ada 40 siswa dan beberapa guru yang ikut berpartisipasi dalam workshop ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan guru dan siswa mampu menyesuaikan rancangan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka belajar. Kemudian kegiatan ini juga dapat menjadikan siswa SMK N 1 Karanganyar khususnya, agar lebih memahami marketing strategy, dengan membuka kesempatan dan peluang melalui kegiatan ini. Selanjutnya siswa juga mampu memahami dan mempraktikkan bidang ilmu desain dan produksi busana melalui publikasi media massa.

(fsrd/kanu/ads)