Dua Tim Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Raih Prestasi Juara I dan Harapan II, dalam Ajang Seleksi Krenova 2019

Tanggal

Mahasiswa Prodi DKV meraih Juara I dan Harapan II dalam Ajang Seleksi Kreanova 2019. Karya yang menyabet kejuaran tersebut mengambil tema produk boardgame. Karya tersebut berjudul “Dolan Dalan Dolanan” sebagai Juara I , dan “Bubat War” meraih Juara harapan II dalam seleksi Krenova tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bappeda Kota Surakarta.

Kedua tim tersebut termasuk dalam kategori Mahasiswa dan Masyarakat Umum. Juri dalam ajang Seleksi Kreanova 2019 berasal dari praktisi, akademisi, pebisnis dan wakil dari Bappeda Surakarta serta memajang karya di STP (Solo Techno Park), Kentingan pada Rabu – Kamis, 31 – 1 Agustus 2019

Karya yang meraih Juara I berupa boardgame tentang permainan anak tradisional yaitu Dolan Dalan Dolanan yang memainkan beragam dolanan anak disertai beberapa tahapan yang mengasyikkan untuk dimainkan. Karya ini dikerjakan oleh Nanda Putri Andriani, Daffa Ibnu Sabilla, Muhammad Nafis, Zulfan, Dhevin Kawistoro, dan Ngabekti (mahasiswa angkatan 2018 semester II).

Sedangkan karya Juara Harapan II boardgame berjudul Bubat War berisi tentang bagaimana bermain strategi untuk dapat memenangkan pertempuran dengan setting edukasi sejarah dari Perang Bubat. Karya ini di gawangi oleh tim yang terdiri dari Muhammad Farid Imaduddin, Liliana Kitty Sozanolo, Harefa, Machadz Abdul Adli Akhlishon, dan Muhammad Rifan Ludfi (mahasiswa angkatan 2018 semester II)

Kedua karya pemenang ini disertai prototipe boardgame , modul, dan merchandise untuk menarik pengunjung dan dewan juri untuk melihat dan mencoba permainan boardgame tersebut.

Karya boardgame ini sebagai bagian dari tugas mata kuliah Ilustrasi Terapan di semester II yang diampu oleh Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds. Tugas Mata kuliah ini sudah diprogramkan untuk ikut ajang karya inovasi tersebut, yang digelar rutin setiap tahun.

Tujuan lain dari keikutsertaan yaitu karya mahasiswa dapat berdampak langsung dan sebagai solusi di masyarakat melalui desain yang menarik, inovatif dan kreatif serta dapat diimplementaaikan kepada masyarakat dan stakeholder.