Kolaborasi lintas bidang ilmu yang menghasilkan karya komik ini bertujuan untuk mengenalkan informasi seputar aktivitas manusia purba dalam kehidupan sehari-hari melalui komik ini atas inisiatif Ilham Abdullah, MA dari hasil thesis saat studi S2 di Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang sekarang bekerja di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Dari thesis yang berjudul Konsumsi Binatang oleh Homo Erectus dan Teknologi Alat Tulang pada Formasi Kabuh di Situs Sangiran ini diubah menjadi sebuah karya komik oleh dua dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn dan Rendya Adi Kurniawan, M.Sn sebagai desain grafis dan ilustrator komik ini berhasil mengubah dari sebuah karya ilmiah berupa thesis ke dalam media visual komik. Penyesuaian sering dilakukan karena karakter komik yang berbeda dengan thesis melalui goresan karakter, warna, panel, balon kata dan unsur pembentuk komik lainnya.

Selain Ilham Abdullah, MA, juga ikutserta Dr. Mahirta, MA. sebagai dosen Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta sebagai konsultan akademik penyusunan naskah komik yang dilaunching pada tahun 2022 ini yang diberi tajuk "Mengenal Cara Manusia Purba Mengolah Binatang Hasil Buruannya".

Menurut Asmoro Nurhadi Panindias dalam rilisnya menyatakan bahwa Kolaborasi ini sangat membanggakan dikarenakan dari bidang ilmu yang berbeda namun bisa menghasilkan karya komik yang berukuran A4 ini menarik untuk dibaca.

Selain itu menurut Rendya Adi Kurniawan sebagai ilustrator ini menjelaskan bahwa karya komik yang bisa dilihat di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Sragen ini sangat menantang baik dari aspek memindahkan materi dari sebuah thesis ke dalam komik, juga ada beberapa penyesuaian dari ilustrasi karakter dan pose tokoh manusia purba agar menarik minat pembaca tanpa kehilangan informasi yang ditulis, ungkapnya.

(fsrd/bas/kanu/ads) Joker123 918kiss mega888