Sambut Dies Natalies 59 ISI Surakarta, Dosen DKV Adakan Pelatihan Fotografi Produk UMKM Desa Bagor, Miri, Sragen

Tanggal

Dengan tampilan produk lewat fotografi yang menarik lewat tata letak dan sudut pengambilan gambar akan menambah produk UMKM yang berada di kawasan pinggiran Kemukus, Sragen semakin menarik. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Hibah DIPA ISI Surakarta Tahun 2023 ini diharapkan warga UMKM Desa Bagor, Kecamatan Miri, Sragen dapat mempromosikan produk melalui media sosial melalui foto produk yang menarik dan menjual serta bernilai lebih.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada 11 – 12 Juli 2023 bertempat di Balai Desa Bagor diikuti sekitar 15an peserta UMKM ini juga dalam rangka menyambut peringatan Dies Natalies ISI Surakarta ke 59 Tahun 2023 ini.

Peserta dari UMKM Desa Bagor yang terbagi kluster olahan pangan, konveksi, dan kerajinan tampak antusias dalam mendengarkan materi dan mencoba praktek langsung memotret dengan kamera handphone. Pemateri dari tim dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yaitu Ditya Fajar Rizkizha, M.Sn., M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn, dan Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds yang dibantu dengan tim mahasiswa berlangsung seru dengan adanya interaktif dari para peserta.

Dalam sambutannya Kukuh Riyanto sebagai Kepala Desa Bagor, Miri, Sragen menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan fotografi produk untuk UMKM ini dapat meningkatkan pengembangan potensi desa dan produk UMKM tentunya.

Sedangkan menurut Winarni, salah satu peserta dan sekaligus pemilik UMKM kuliner berbasis roti ini menyatakan sangat berterima kasih atas pelatihan yang baru didapatkan ini dapat berguna bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui ketrampilan dan pengetahuan seputar fotografi produk.

Diakhir kegiatan diadakan pameran foto hasil pelatihan yang diharapkan menjadi media evaluasi dan apresiasi khususnya bagi peserta warga UMKM.

Selain itu Basnendar H selaku ketua tim PKM dalam paparan materinya menjelaskan melalui kegiatan pelatihan fotografi produk ini berfungsi untuk mengembangkan potensi produk baik aspek branding, fotografi produk, pemasaran digital, medsos, dan bidang yang terkait desain komunikasi visual lainnya.