Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn sebagai salah satu narasumber yang mengangkat isu-isu penting tentang bagaimana AI mengubah lanskap Desain Komunikasi Visual (DKV). Lebih lanjut Asmoro menekankan bahwa meskipun AI membawa banyak tantangan, peluang yang ditawarkan juga sangat besar. Kolaborasi yang bijaksana antara desainer dan teknologi AI dapat membawa DKV ke tingkat yang lebih tinggi.

Materi presentasi dari Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn., selaku dosen DKV FSRD Institut Seni Indonesia Surakarta, dengan judul "Dampak Disruptif Artificial Intelligence pada Desain Komunikasi Visual".

Progdi S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) menyelenggarakan webinar nasional bertajuk "Artificial Intelligence: Tantangan dan Peluangnya di Bidang DKV" pada Sabtu, 18 Mei 2024. Acara ini juga disiarkan langsung melalui platform YouTube.

Webinar ini menghadirkan para narasumber yang ahli di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dari Makassar, Denpasar, Bandung, Surakarta, Jakarta, dan Semarang.

Acara ini diselenggarakan oleh Universitas STEKOM, bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar, Institut Seni Indonesia Denpasar, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Mercu Buana Jakarta, STIE STEKOM, Perkumpulan Komunitas Industri dan Vokasi Indonesia (PERKIVI), dan Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas (PTIC).

Webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru dan diskusi yang mendalam tentang bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara efektif dalam DKV, serta bagaimana menghadapi tantangan yang muncul. Para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan yang berharga dan inspirasi untuk mengaplikasikan teknologi AI dalam karya desain mereka.

(fsrd/bas)