Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ini merupakan salah satu program unggulan dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menempuh pembelajaran di dunia kerja.

Pada semester kedua tahun 2024, program MSIB Angkatan VII kembali diselenggarakan. Program ini dirancang untuk mendorong kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Acara yang dihadiri oleh 80 mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan sosialisasi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan ke VII.

Kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh Kaprodi DKV, Rendya Adi Kurniawan, M.Sn., dan Koordinator MSIB ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn diselenggarakan pada Selasa, 21 Mei 2024 di Ruang Mini Cinema, Gedung Laboratorium Terpadu Multi Matra Kampus 2 FSRD ISI Surakarta.

Acara dibuka oleh Kaprodi DKV, Rendya Adi Kurniawan, M.Sn yang menyampaikan pengantar mengenai program MBKM dan pelaksanaannya di ISI Surakarta. Selain itu juga menjelaskan beberapa kebijakan MBKM di Prodi DKV terkait persyaratan, prosedur, dan konversi mata kuliah. Selanjutnya, Koordinator MSIB ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. memaparkan materi tentang Program MSIB VII yang mencakup pengenalan program, tujuan dan manfaat, alur pendaftaran dan seleksi, serta hak dan kewajiban peserta.

MSIB adalah salah satu program MBKM yang terdiri dari Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) yang memberikan pengalaman belajar melalui magang di industri, serta Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, yang dirancang berdasarkan tantangan nyata dari mitra industri.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia profesi yang mereka impikan, melampaui pembelajaran dari kelas, laboratorium, dan perpustakaan.

Melalui sosialisasi ini, mahasiswa DKV diharapkan dapat memanfaatkan program MSIB untuk mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja, yang sangat penting untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia profesi. Sesi sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana mahasiswa bertanya mengenai berbagai aspek program MSIB hingga ke konversi mata kuliah.

Asmoro NPA juga memberikan informasi lebih lanjut mengenai program MSIB dan pendaftarannya, mahasiswa dapat menghubungi Koordinator MSIB ISI Surakarta atau mengunjungi situs resmi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ imbuhnya.

(fsrd/bas)