Kolaborasi dari mahasiswa Prodi Fotografi FSRD ISI Surakarta bersama dengan Gedung Djoeang 45, Surakarta menyelenggarakan acara Kompetisi Fotografi Model.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Fotografi ISI Surakarta yang sedang menempuh mata kuliah Manajemen Seni dengan dosen pembimbing Kristina Novi Susanti dan Priaji Iman Prakoso. Acara ini didukung penuh dan difasilitasi oleh Henry Poerwantoro selaku dari pihak Gedung Djoeang 45.

Sejumlah 20 peserta dari berbagai kalangan mengikuti kompetisi ini dan merebutkan total hadiah Rp1,5 juta. Kegiatan diselenggarakan pada akhir Juni 2024 bertempat di area Gedung Djoeang 45.

Penjurian karya foto pada lomba ini dilaksanakan satu hari setelahnya oleh Jip Christian Jana Prasetya selaku praktisi fotografi dan Johan Lies Wahyudi selaku dosen fotografi ISI Surakarta.

Tiga model wanita hadir dalam pemotretan ini, dengan balutan busana vintage Belanda. Penampilan mereka semakin dipercantik oleh riasan dari Evilia MUA dan Sadana MUA.

Tujuan kegiatan ini untuk menjadi wadah bagi para fotografer untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam mengabadikan keindahan Gedung Djoeang 45 Solo melalui fotografi model.

Selain itu bangunan tua ini merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia, memiliki potensi besar untuk menjadi objek wisata sejarah. Diharapkan lomba fotografi ini dapat membantu melestarikan keindahan dan nilai-nilai budaya lokal.

Kegiatan lombanya dihadiri pengelola Gedung Djoeang 45, Henry Poerwantoro, Ketua Prodi Fotografi FSRD ISI Surakarta, Agus Heru Setiawan serta dosen pembimbing mata kuliah Manajemen Seni, Kristina Novi Susanti dan Priaji Iman Prakoso.

Lilis Fatmatullahi, salah satu peserta mengatakan kegiatan kolaboratif ini harus sering dilaksanakan untuk bisa membentuk atmosfer seni rupa khususnya fotografi yang kondusif dan bisa diikuti oleh lebih banyak masyarakat.

(fsrd/bas)