Halo-halo calon mahasiswa ISI Solo,

Tahun Akademik 2024/2025 Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) menambah program studi baru yaitu S1 Koreografi Inkuiri di Fakultas Seni Pertunjukan, S 1 Seni Intermedia dan D4 Animasi di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Ketiga program studi tersebut telah mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek dan mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun 2024 ini. Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui jalur SNBP, SNBT-UTBK, maupun jalur Mandiri.

Prodi Animasi ISI Solo dengan jenjang pendidikan D4 (Sarjana Terapan) diproyeksikan untuk mengasilkan lulusan-lulusan profesional di bidang animasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dunia industri animasi yang berkembang pesat. Memiliki visi mengembangkan budaya Nusantara yang berciri khas Indonesia untuk menghasilkan karya animasi yang berdaya saing tinggi serta berkarakter budaya bangsa, baik secara nasional maupun internasional.

Prodi Animasi ISI Solo didukung oleh tenaga pendidik profesional dari internal maupun eksternal, dengan melibatkan praktisi dunia industri animasi sebagai tenaga pengajarnya. Prodi Animasi memiliki jejaring mitra kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, diantaranya antar lembaga pendidikan dan dunia indsutri animasi. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah proses pembelajaran mahasiswa yang juga mendukung program Merdeka Belajar, baik melalui pertukaran mahasiswa ataupun kerja profesi yang dibutuhkan untuk mengasah dan mematangkan skill individu mahasiswa di bidang animasi.

Profil lulusan utama dapat menghasilkan karya animasi apik untuk berbagai sektor industri animasi, seperti sektor film animasi ataupun konten-konten kreatif animasi lainnya. Sebagai Kreator Animasi yang memiliki konsentrasi minat sesuai dengan masing-masing skill mahasiswa diantaranya sebagai Storyboard Artist; Layout Artist; Penulis Naskah; Animator dan lain-lain. Selain itu, Prodi Animasi memiliki profil lulusan lainnya, yakni Pengarah Artistik Animasi dan Sutradara Animasi.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah yang ditempuh selama delapan semester. Mata kuliah tersebut terfokus pada peningkatan skill mahasiswa dari semester satu hingga semester delapan sehingga diharapkan lulusannya siap terjun ke dunia industri animasi secara profesional dan berkarakter kuat dengan basis budaya nusantara.

(humasisisolo/fsrd)