Halo-halo calon mahasiswa ISI Solo,

Tahun Akademik 2024/2025 Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Solo) menambah program studi baru yaitu S1 Koreografi Inkuiri di Fakultas Seni Pertunjukan, S 1 Seni Intermedia dan D4 Animasi di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Ketiga program studi tersebut telah mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek dan mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru mulai tahun 2024 ini. Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui jalur SNBP, SNBT-UTBK, maupun jalur Mandiri.

Dewasa ini batasan akan medium karya seni sudah bersifat amat luas, karya seni tidak lagi hanya dibatasi pada media tradisional yang sebelumnya digunakan oleh para maestro seni yang hidup di masa seni modern. Hal ini juga berlaku bagi media baru yang tersedia bagi para seniman kontemporer masa kini, dimana tipologi medium seni rupa sebagai jabaran spesifikasi dan karakteristik media yang digunakan di dalamnya? Praktik seni rupa saat ini telah menyediakan pilihan medium yang jauh lebih luas baik bagi para pelaku seni rupa yang langsung terhubung dengan medan sosial seni maupun publik secara umum. Dalam tipologi medium seni tersebut, dijabarkan bahwa media seni rupa terdiri atas lima medium, yakni media tradisional/konvensional (biasa digunakan oleh praktisi seni rupa modern/seni murni/fine art), seni media baru, dematerialisasi seni, silang disiplin seni (intermedia art), dan post-media. (Kusmara, 2011: 81)

Seni intermedia mempraktikkan kerja seni sebagai proses interdisipliner yang tidak lagi mengacu pada konsep-konsep konvensional tentang medium seni rupa, khususnya dalam paradigma fine art (seni lukis, seni grafis, seni patung). Hal ini seperti pendapat Kusmara (2011: 81) yang menjelaskan bahwa media konvensional terdiri atas tiga jenis media yang terdiri atas drawing, lukis, dan patung. Seni media baru terdiri atas tiga media yaitu fotografi, video, dan seni digital, sementara silang disiplin seni (intermedia) mencakup dua jenis media yang berupa seni instalasi dan seni performans.

Program Studi S1 Seni Intermedia ISI Solo mempunyai visi berperan sebagai pusat unggulan dalam penyelenggaraan bidang pendidikan keilmuan dan kreativitas Seni Intermedia yang berkarakter, cerdas, dan kompetitif, melalui pemikiran serta praktik penciptaan dan pengkajian karya yang lintas batas, menggabungkan berbagai media, melampaui pemahaman media seni yang sudah mapan berdasar pemikiran konseptual dengan pendekatan interdisipliner.

Sementara misinya adalah: 1) Melaksanakan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dalam bidang seni intermedia berbasis riset interdisipliner; 2) Melaksanakan penciptaan karya/pengkajian Seni Intermedia yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKSBUD; 3) Melaksanakan pengabdian pada masyarakat terhadap kehidupan seni dan budaya dalam rangka pembentukan masyarakat madani dengan mengaplikasikan hasil-hasil eksplorasi budaya visual dalam bentuk Seni Intermedia; dan 4) Menjalin jejaring kerjasama kemitraan dengan agen-agen seni dalam medan seni rupa di Indonesia dan internasional, dalam rangka mengembangkan teori dan praktik Seni Intermedia yang interdisipliner dan berdaya saing global.

Lulusan S1 Seni Intermedia diharapkan: 1) Memiliki kemampuan profesional dalam mengembangkan keilmuan Seni Intermedia yang bermutu bertaraf nasional didasarkan pada konsep-konsep seni dan teori sebagai objek material praktik seni yang berhubungan dengan eksplorasi media dan taktik media di masyarakat; 2) Memiliki kemampuan kekaryaan dan pengkajian seni di bidang seni intermedia yang berorientasi pada nilai kearifan lokal dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang dinamis; 3) Memiliki kepekaan sosial yang secara kritis mengamati dan terlibat dalam perubahan sosial dengan cara mengabdikan keilmuan dan keterampilan kreatifnya dalam produksi pengetahuan seni intermedia kepada masyarakat; dan 4) Memiliki kemampuan melakukan kerjasama dengan agen-agen di medan seni rupa Indonesia/ internasional dan industri kreatif dalam rangka pengembangan industri kreatif berbasis seni budaya.

Proyeksi karir lulusan program studi Intermedia meliputi : Seniman Intermedia; Peneliti Seni Intermedia; Konsultan Artistik; dan Desainer Artistik.

  (humasisisolo/fsrd)